Laman statis

Kamis, 11 November 2010

Inheritance


inheritance (penurunan sifat / pewarisan), ini merupakan ciri khas dari OOP yang tidak terdapat pada pemrograman prosedural gaya lama. Dalam hal ini, inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya (pewarisan). Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya. Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek turunannya. Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.
Atau Inheritance yaitu pewarisan sifat-sifat suatu object kepada object turunannya.
Inheritance (Pewarisan) merupakan salah satu dari tiga konsep dasar OOP.  Konsep inheritance ini mengadopsi dunia riil dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.
Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class.  Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class.  Suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class. Karena suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class-nya, aka member dari suatu subclass adalah terdiri dari apa-apa yang ia punyai dan juga apa-apa yang ia warisi dari class parent-nya. Kesimpulannya, boleh dikatakan bahwa suatu subclass adalah tidak lain hanya memperluas (extend) parent class-nya.
A.     Deklarasi Inheritance
Cara pendeklarasian Inheritanche yaitu:
·         Dengan menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya.
·         Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.
public class B extends A {
……….
}
·         Semua classs di dalm Java adalah merupakan subclass dari class super induk yang bernama objeck.
·         Misalnya saja terdapat sebuah class sederhana:
Public class A {
            ………….
}
·         Pada saat dikompilasi, Kompiler Java akan membacanya sebagai subclass dari class object.
Public class A extends object {
            ……………..
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar